Cara Mengetahui Letak Sudut Siku-Siku dan Hipotenusa Pada Segitiga

Posted by Dereth Mobile Blog on 12:52 AM, 05-Jun-12 • Under: Belajar YUK! , Tips Trik

Ada Tips nih buat sobat semuanya, khususnya sama anak matematika mesti tau nih...

Misalkan kita mempunyai sebuah segitiga yang terletak entah dimana, dan kita telah mengetahui semua panjang dari ketiga sisi tersebut. Permasalahan kita adalah belum mengetahui dimana letak sudut siku-siku, mana hipotenusa (sisi miring).
Kita dapat pecahkan permasalahan tadi dengan cara sbb:
Diketahui segitiga ABC dengan Panjang AB=5 BC=3 AC=4.

1. Kuadratkan semua panjang sisi-sisi yang membatasi nya.
di dapat : AB=25 BC=9 AC=16.
2. Tambahkan panjang sisi nya ke sisi lain (terserah sisi yang mana) dengan catatan apabila kedua panjang sisi tersebut telah di tambahkan hasilnya sama dengan panjang sisa nya, Maka Dapat disimpulkan Sisi sisanya tersebut adalah Hipotenusa.
Biar lebih Jelas :
Misalkan Panjang Sisi: AC + BC = 16 + 9 = 25
Didapat Hasilnya sama dengan Panjang AB = 25.
Jadi, Hipotenusanya adalah AB.
3. Untuk mengetahui sudut mana yang merupakan siku-siku (90 derajat) adalah Lihat garis hipotenusa. Kemudian sudut yang menghadap garis hipotenusa itu adalah sudut siku-siku.
Jadi, siku-siku nya di C.

Mudahkan?

Tips cheesy-grin
Kalo udah di coba-coba ditambahkan sisi-sisinya dan tidak sama dengan sisi sisanya, sudah dipastikan Segitiga tersebut BUKAN SEGITIGA SIKU-SIKU atau SEMBARANG
Selamat Belajar mrgreen

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

12 responses to "Cara Mengetahui Letak Sudut Siku-Siku dan Hipotenusa Pada Segitiga"

Uciha_maldy [03:44 AM, 05-Jun-12]

zne suka postingan ente sob,, rasanya matika gak terlalu menyeramkanwink

Ane agak susah menghafalkan perkalian:-0neutral besok2 share eo sob tipsnyaidea

Nyangsang [07:47 AM, 05-Jun-12]

mampir sob biggrin

Dereth Mobile Blog's [12:14 PM, 05-Jun-12]

@Uciha_maldy,
Justru mengasyikan lho,, itu hanya sugesti awal qta jja bilang seram. Mkanya yuk kenalan dulu ama matematika mrgreen
Ok, di tunggu jja Update postingan selanjutnya smile

Dereth Mobile Blog's [12:19 PM, 05-Jun-12]

@Nyangsang,
Ngopi dulu sini sob..mrgreen

Azep Mz | Mobile Blog's™ [10:54 AM, 06-Jun-12]

Kunjungan sore sob, sory banget nih baru bisa mampir, soalnya lagi banyak banget kegiatan didunia nyata.
Sukses selalu sobat smile

Azisdark [03:13 AM, 07-Jun-12]

mantap sobat. . .wink

di tunggu kunbaliknya dan folowbaliknya ke : http://azisymbian.mywapblog.com

Dereth Mobile Blog's [10:22 AM, 07-Jun-12]

@Azep Mz | Mobile Blog's™,
OK sob smile
mksh udh sllu sempat kunjungannya biggrin

Dereth Mobile Blog's [10:25 AM, 07-Jun-12]

@Azisdark,
follback'y terlaksana sob...
Ditunggu kunjungan selanjutnya sob wink

Jokopurnomo [09:02 AM, 10-Jun-12]

met sore bro.nice info.jd inget jaman sekolah dulu.sukses buat blognya.salam persahabatancheesy-grin

.♥/♥★ ★/♥\♥/█\♥★♥ ♥ (¯`v´¯) I Love U Thykae Widhiy's Blog Music♪♫ Volume: ▁ ▂ ▃ ▄ ▅ ▆ █ 100 % [06:36 PM, 13-Jun-12]

. . Nhi pljaran klz b'paw yaw plend ? ? ?

Aku smpai kapalan sob . . Di tnggu kunbalnya !

Dereth Mobile Blog's [10:06 AM, 14-Jun-12]

@Jokopurnomo,
salamnya selalu di jabat tangan kang..mrgreen
ok mksh wink

Dereth Mobile Blog's [10:09 AM, 14-Jun-12]

@.♥/♥★ ★/♥\♥/█\♥★♥ ♥ (¯`v´¯) I Love U Thykae Widhiy's Blog Music♪♫ Volume: ▁ ▂ ▃ ▄ ▅ ▆ █ 100 %,
klas 7 sob, tp di sd juga ada,smp, ampe sma sgtga emang kpke trus...mrgreen

mksh knjngan.a wink

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images